Indahnya Jalur Pendakian Gunung Rinjani Lombok Lombok 2014


Indahnya Jalur Pendakian Gunung Rinjani Lombok Lombok 2014

Indahnya Jalur Pendakian Gunung Rinjani Lombok Lombok 2014

pendakian gunung rinjani lombokGunung Rinjani Lombok – Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani berada di pulau Lombok tepat disebelah timur Pulau Bali. Dengan luas sekitar 40.000 hektar membuat Gunung Rinjani Lombok menjadi gunung tertinggi di Indonesia nomor 2 setelah Gunung di Irian Jaya. Keindahan alam khas pegunungan yang di tawarkan oleh Gunung Rinjani Lombok memang sudah tidak perlu diperdebatkan lagi, sampai sampai para pecinta alam banyak yang berkata, “Pendaki Gunung yang sempurna adalah pendaki yang telah berhasih sampai di Puncak Dewi Anjani. Dari Jakarta dan pulau jawa bisa mengikuti rute Gilimanuk – Padang Bai – Lembar – Senaru untuk sampai ke jalur pendakian Gunung Rinjani Lombok. Dari pelabuhan Gilimanuk bisa menggunakan bus bomel menuju ke Padang bai dengan estimasi waktu sekitar 5 jam. Sampai di Padang bai perjalanan bisa dilanjutkan menyeberang ke pelabuhan Lembar dengan kapal Ferry. Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk menyeberang ke Pelabuhan lembar dari Padang bai sekitar 4 jam menggunakan kapal ferry.

pendakian gunung rinjani lombok pendakian gunung rinjani lombok

Menuju Jalur pendakian Gunung Rinjani Lombok berikutnya bisa ditempuh dengan menuju ke Senaru dengan estimasi waktu sekitar 4 jam perjalanan. Walaupun jalan menuju ke Senaru tidak terlalu enak namun tidak akan terasa jika sambil menikmati keindahan pesisir lombok utara berpadu dengan pegunungan lombok barat. Sesampainya di Senaru cobalah untuk beristirahat sambil menyiapkan keperluan logistik yang akan di bawa naik saat pendakian gunung rinjani. Setelah persiapan fisik, mental dan logistik siap maka perjalanan bisa di lanjutkan menuju Rinjani Trekking Center untuk mengurus perizinan mendaki Gunung Rinjani Lombok. Biaya trekking gunung rinjani bisa dibilang cukup murah yaitu Rp 2.500 / orang untuk wisatawan lokal dan pengurusannya pun tidak terlalu ribet jika di bandingkan dengan perizinan pendakian  Gunung Semeru.

pendakian gunung rinjani lombok pendakian gunung rinjani lombok

Start  yang paling diminati oleh para backpaker yang ingin melakukan pendakian gunung rinjani biasanya dimulai dari desa Bawak Nao yang hanya membutuhkan waktu 1 jam ke pos 1, bukan melalui Rinjani Trekking Center yang berjarak masih sekitar 3 jam perjalanan menuju pos 1.  Untuk sumber air bersih di kawasan taman nasional gunung rinjani bisa di dapatkan ketika mencapai pos 2 dan pos ekstra. Pemandangan pertama kali bisa dinikmati di jalur pendakian Gunung Rinjani Lombok adalah pemandangan savana yang sangat luas di sebelum Bukit Penyesalan. Perjalanan yang paling sulit saat pendakian gunung rinjani adalah ketika telah melewati pos 3, karena jalur pendakian sembalun  yang harus dilalui terus menanjak oleh karena itu tempat ini disebut dengan Bukit Penyesalan. Tetapi ketika telah sampai di Plawangan Sembalun semua kelelahan yang telah dilewati seakan terbayar karena pemandangan gigiran jalur menuju puncak bisa terlihat indah.

pendakian gunung rinjani lombok pendakian gunung rinjani lombok

Biasanya para pecinta alam saat mendaki gunung rinjani memilih untuk membangun tenda di Plawangan Sembalun sambil menikmati keindahan lautan awan dengan Danau Segara Anak yang berkilau terkena sinar  matahari menjelang sunset. Seusai beristirahat banyak pendaki yang melanjutkan perjalanan menuju ke puncak gunung rinjani saat malam hari dengan maksud agar tidak terlalu kelelahan dan kepanasan seperti mendaki gunung rinjani pada siang hari. Jam terbaik untuk melanjutkan perjalanan biasanya pukul 00.00 – 01.00 dengan harapan bisa melihat sunrise pagi hari di atas puncak Gunung Rinjani Lombok. Ketika telah sampai pada puncaknya, ada hal hal yang bisa dibilang sangat mengharukan untuk dilihat seperti para pendaki yang sujud sukur bahkan sampai menangis bangga karena bisa sampai di puncak gunung rinjani 3.726 Mdpl.

pendakian gunung rinjani lombok pendakian gunung rinjani lombok


author